Perkembangan Kaos Distro di Indonesia

BAJU KAOS BOLA DISTRO RED EMDE CHELSEA che020 depan

Distro merupakan singkatan dari distribution outlet atau distribution store. Dengan kata lain, distro merupakan jenis toko di Indonesia yang menjual berbagai macam kaos distro murah serta aksesoris lain yang sifatnya dititipkan oleh para produsen atau pembuat pakaian. Selain itu, terdapat juga beberapa distro yang memang memproduksi sendiri kaos distro jualannya.

Pada umumnya, distro termasuk ke dalam kategori industri kecil dan menengah yang mayoritas memiliki merk independen dan dikembangkan oleh kalangan anak muda. Berbagai produk yang dihasilkan atau diproduksi oleh distro biasanya tidak secara massal. Hal ini memang disengaja dan bertujuan untuk mempertahankan eksklusifitas produk dari distro.

Konsep distro ini awalnya muncul pada pertengahan tahun 90an di Bandung, Jawa Barat. Waktu itu, sejumlah band independen (indie) di kota kembang berusaha untuk menjual beragam merchandise seperti kaset/CD, kaos distro murah, dan stiker selain di tempat melakukan konser/pertunjukan. Bentuk paling awal dari distro adalah usaha rumahan dan terdapat rak atau etalase untuk menjual berbagai merchandise band tersebut.

Seiring dengan waktu, banyak komunitas lain seperti komunitas skateboard yang membuat toko-toko kecil untuk menjual aksesori dan pakaian. Saat ini, industri distro sudah berkembang dengan pesat dan bahkan sudah dianggap memiliki kualitas ekspor. Pada tahun 2007, terdapat total 700 unit usaha distro di Indonesia dan 300 unit diantaranya berlokasi di Bandung.

Toko atau supplier yang menjual kaos distro murah membidik pangsa pasar tersendiri yakni kalangan anak muda dengan rentang usia antara 17-25 tahun. Sebelum muncul istilah distro, mode-mode kaos pada saat itu dianggap tidak mampu memuaskan mode yang benar-benar diinginkan oleh beberapa komunitas anak muda. Kaos distro banyak diminati karena mampu menghadirkan karakter tersendiri dan cenderung idealis untuk tiap merk distro.

Hal inilah yang kemudian memberikan keunikan atau karakteristik tersendiri dari sebuh distro. Ciri-ciri umum dari kaos distro diantaranya adalah menggunakan bahan kain jenis cotton combed, jahitan di pundak dan leher menggunakan model jahitan rantai serta bagian lengan pada kaos yang terlihat lebih pendek dibandingkan kaos biasa.