Membedakan Kaos Liverpool Yang Grande Ori dan Asli

Kaos Liverpool

Demam bola sedang melanda tanah air. Pakaian dari klub idola pun menjadi incaran, tak terkecuali kaos liverpool. Tapi sayangnya jersey asli Liverpool harganya sangat mahal, sekitar Rp.600.000 ke atas. Namun sekarang di pasaran sudah banyak tersedia barang Grade Ori yang tentu saja lebih harganya lebih terjangkau. Lalu apakah bedanya dengan yang asli?

kaos liverpool

Hal pertama yang harus diketahui adalah bahwa istilah jersey atau jaket Grade Ori tidak sama dengan yang asli, melainkan KW. Kebanyakan orang awam berpikir bahwa barang itu adalah barang asli sebab memakai kata ori, padahal bukan. Jika dulu mungkin kebanyakan orang membandingkan asli dengan yang palsu dengan menghitung jumlah lembaran label cuci, lembaran tag dan nomor kode, namun sekarang ini hal tersebut sudah banyak yang sama. Meski demikian untuk kaos Liverpool yang biasanya banyak dijual di toko dengan jersey GO di pasaran memiliki perbedaan, sebagai berikut:

  • Ketebalan: kaos Liverpool yang asli sedikit tebal dari GO, itu sebabnya otomatis akan terasa lebih berat. Jika bicara seberapa tebal atau seberapa berat, hal ini perlu pengalaman.
  • Tingkat kerapihan jahitan: kaos Liverpool asli lebih presisi, bila jahitannya seharusnya lurus, pasti sangat lurus sekali, sementara untuk GO mesikipun lurus kadang tidak selalu, terdapat sedikit yang berbelok. Hal ini sama dengan kerapihan obrasan, jika GO kadang terdapat obrasan yang tampak kendor;
  • Kaos Liverpool mempunyai tekstur horizontal di bagian permukaannya, jika tepian bawahnya dilipat atau dibalik, maka akan tampak struktur yang benar-benar lurus sejajar dengan garis di tepiannya. Sedangkan jika GO kadang miring.
  • Selain itu, di kaos Liverpool GO kadang meskipun tak selalu, bila ujung tepian lengan dilipat lalu dibalik, terdapat semacam bekas spidol berwarna hitam, kuning atau bahkan biru. Kemungkinan ini adalah bekas pola.
  • Hal tersebut juga sama ketika tepian bawah Jersey GO dilipat dan kemudian dibalik terkadang tampak potongan bahan yang tidak rapi. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan kaos Liverpool yang asli.